Pages

Senin, 17 September 2012

                                              Setting Modem ADSL menjadi Bridge Mode


Modem ADSL – untuk keperluan koneksi Internet, modem memiliki peran yang sangat penting. Secara teoritis modem merupakan singkatan dari modulator demodulator yang berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya. Saat ini penyedia jasa koneksi Internet yang termasuk sering digunakan adalah Modem ADSL, termasuk koneksi Internet pada Warnet (warung Internet). Dan pada umumnya secara sederhana gambar alur koneksinya adalah (kasus warnet): dari SPEEDY INTERNET ~ > MODEM SPEEDY  ~ > HUB  ~ > Komputer Client.
Pada umumnya, modem ADSL itu di setting sebagai PPPoE ( Point to Point Protocol Over Ethernet ). Entah karena memang setting default Modem atau emang dibuat demikian ( oleh petugas Telkom Speedy ) agar User tidak terlalu ribet untuk melakukan setting manual pada Modem ADSL tersebut. Apalagi dengan setting PPPoE seperti ini lalu DHCP Modem di aktifkan maka, pemakai atau penganggan Speedy tinggal tancepin kabel LAN ke Modem atau tancepin kabel LAN dari Modem ke Swith maka selanjutnya semua PC yang terhubung ke Modem ADSL tersebut akan memperoleh akses internet dengan mudah.
Okey lah kalo begitu, kita sekarang mulai MELIRIK sesuatu yang lain dengan Modem ADSL kita. Yaitu kita setting Modem ADSL pada Mode Bridge lalu Dial Up ke PPPoE dilakukan oleh PC atau Laptop kita.  Tujuannya apa? Karena dengan cara ini maka IP Public yang diberikan oleh ISP / Telkom Speedy akan berada pada PC atau Laptop kita.
Trus… fungsinya untuk apa? Nah setelah IP Public berada pada PC / Laptop kita maka kita bisa menjadikan PC / Laptop tersebut sebagai Web Server, FTP Server, Email Server, VPN Server, Remote Desktop via Internet dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Tapi disini saya akan memberikan contoh fungsi Dial Up PPPoE dari PC / Laptop dan mem-fungsikannya sebagai Web Server Personal. Terserah anda dech mau di jadikan apa aja bisa, yang penting… paham konsepnya-teknisnya-fungsinya. Dan tentunya kita juga bisa mengunakan lebih lanjut dengan DynDNS seperti pada artikel saya sebelumnya :
http://thinkxfree.wordpress.com/2010/03/17/panduan-membuat-webserver-dgn-ip-public-dinamis-via-dyndns/
http://thinkxfree.wordpress.com/2010/03/21/panduan-installasi-xampp-untuk-webserver/
Langkah pertama : Yang harus kita lakukan adalah merubah setting modem ADSL kita dari PPPoE Mode menjadi Bridge Mode. Seperti gambar dibawah ini :









Kedua : Pastikan status koneksi Bridge Modem ADSL kita ini sudah Connected.




Ketiga : Tambahkan Setting DialUp dari menu Control Panel -> NetWork Connection. Lalu Klik saja menu “File” -> “New Connection“.





Keempat : Jalankan New Connection Wizards.
.


Kelima : Klik Next pilih Connect to the Internet seperti dibawah ini :





Keenam : Pilih option SetUp My Connection manualy lalu klik Next.




Ketujuh : Pilih Option Connect a using a Broadband Connection. Lalu klik Next…

 
Ketujuh : Pilih Option Connect a using a Broadband Connection. Lalu klik Next…












Nah setelah kita klik Connect maka DialUp ini telah berhasil / sukses maka selanjutnya PC kita inilah yang memilik IP Public dari ISP Speedy. Kita bisa cek IP Public yang kita peroleh ( www.whatismyipaddress.com ) dan membuat fiturDan  jika kita telah membuat XAMPP Webserver di PC / Laptop kita ini maka dapat di publish atau dapat di akses ke Internet. Nah selanjutnya kita dapat mendaftarkan ke Domain Names atau layanan hosting lalu kita setting koneksi ke Web Server kita.  http://www.dyndns.com
Selain PPPoE Client yang dilakukan Dial Up oleh PC / Laptop kita, SETTING MODEM BRIDGE ini juga digunakan pada Mikrotik Router. Dengan teknis ini maka Mikrotik yang melakukan DialUp PPPoE. Jadi Device apapun yang melakukan Dial Up ke PPPoE Server ( Telkom Speedy ) maka dialah yang akan memperoleh atau memegang IP Public.
Berikut ini adalah contoh setting Bridge Modem ADSL Merk TPLINK :






Berikut ini adalah contoh setting Bridge Modem ADSL Merk DLINK DSL-2640T :




Berikut ini adalah contoh setting Bridge Modem ADSL Merk Corega BARRA100V2 :







Detail Setting Modem diatas dapat dilihat pada file: “TD-W8151N User Guide.pdf” pada dekstop PC anda pembayaran rekening Speedy paling lambat tanggal 20 setiap bulannya.
Keterangan lebih lanjut hubungi: 147









0 komentar:

Poskan Komentar